loading...
loading...

Sunday, October 20, 2013

Musik Hindustan - Apresiasi Musik Asia | Seni Budaya

loading...


Pengertian Musik Hindustan
Musik India dikatakan salah satu tradisi tertua musik yang tak terputus di dunia. Dikatakan bahwa asal-usul sistem ini kembali ke Weda (skrip kuno Hindu). Banyak legenda yang berbeda tumbuh mengenai asal-usul dan perkembangan musik klasik India. Legenda seperti pergi jauh dalam menunjukkan pentingnya bahwa musik memiliki dalam mendefinisikan budaya India.

Namun munculnya penelitian sejarah dan budaya modern juga telah memberikan kita perspektif yang baik di lapangan. Hal ini telah menunjukkan bahwa musik India telah dikembangkan dalam interaksi yang sangat kompleks antara masyarakat yang berbeda dari berbagai ras dan budaya. Tampaknya bahwa keragaman etnis India hari ini telah ada dari awal kali.

Dasar untuk musik India "Sangeet" . Sangeet adalah kombinasi dari tiga artforms: musik vokal , musik instrumental dan tarian . Meskipun ketiga artforms awalnya berasal dari bidang tunggal stagecraft. Hari ketiga bentuk memiliki dibedakan menjadi artforms individu yang kompleks dan sangat halus.

Baca juga : Musik Timur Tengah | Apresiasi Musik Asia

Sistem sekarang musik India didasarkan pada dua pilar penting: kain dan tal. Rag adalah bentuk melodi sementara tal adalah berirama.

Rag mungkin kasar disamakan dengan istilah mode Barat atau skala. Ada tujuh catatan sistem yang diatur dalam cara yang tidak berbeda skala Barat. Namun ketika kita melihat dekat kita melihat bahwa itu sangat berbeda apa yang kita kenal.

Para tal (bentuk ritmis) juga sangat kompleks. Banyak pola berirama umum ada. Mereka berputar di sekitar mengulang pola ketukan.

Interpretasi dari kain dan tal tidak semua sama seluruh India. Hari ini ada dua tradisi utama dari musik klasik. Ada India utara dan selatan India tradisi. Tradisi India Utara dikenal sebagai Hindustan Sangeet dan India selatan disebut Sangeet Carnatic . Kedua sistem secara fundamental sama tetapi berbeda dalam praktek nomenklatur dan kinerja.

Banyak alat musik yang khas India. Yang paling terkenal adalah sitar dan tabla . Namun ada lebih banyak yang rata-rata orang mungkin tidak akrab dengan.

Semua ini membentuk bidang kompleks dan menarik dari musik klasik India. Pemahaman dengan mudah mengkonsumsi seumur hidup. Musik Hindustan adalah jenis musik yang lahir dan berkembang di kawasan India dan sekitarnya.

Musik ini lebih menekankan pada permaianan alat musik membraphone. Musik Hindustan berkembang di Negara India, Pakistan dan Bangladesh.

Ciri - ciri jenis musik Hindustan:
  • Alat musiknya menggunakan table, tambora, sitar dan serangi
  • Iramanya dinamis
  • Instrumennya yang dominan alat musik membraphone (tabla dan tambora)
  • Menimbulkan rasa ingin berjoged
  • Contoh lagu Hindustan: Khuch-khuch hu tahe
  • Keunikan lagu Hindustan instrumennya dinamis dan menimbulkan suasana berjoged
Ciri - Ciri Musik Hindustan :
  • Sebuah ansambel musik India terdiri dari bagian melodi yaitu : vokal, alat musik Sitar, Sarod, Surbahar dan beberapa jenis seruling lainnya.
  • Sedangkan bagian yang berdengung adalah : Instrumen Vina /Tambura dan alat perkusi yg dimainkan dengan tangan yaitu : Tabla
  • Terdapat juga tradisi melantunlan Weda, kitab suci agama Hindu yang terdiri dari 4 bagian utama, yaitu : Regveda, Yajurveda, Samaveda dan Atharvaveda
  • Musik Hindustan berkembang di negara India, Pakistan, Bangladesh.
  • Ciri khas musik Hindustan terletak pada ritme yang ditimbulkan oleh instrumen membranophone yang disebut Tabla dan instrumen string yang disebut Sitar
  • Instrumen musik India antara lain: Tabla (gendang India), Sitar (gitar klasik India), Tambura (kecapi India), Serangi ( rebab India)
  • Tangga nada pada musik India diistilahkan dengan Raga yang satu oktafnya terdiri dari 22 nada. Namun dalam prakteknya hanya memainkan antara 5 sampai 12 nada.
  • Permainan Raga tergantung pada waktu dan musim
Baca juga : Contoh Teks Explanation Tentang Bencana Alam

Musik Hindustan tumbuh dan berkembang di negara India, Pakistan, Bangladesh, tetapi yang paling dominan adalah di negara India. Cirri khasnya adalah terletak pada ritmr yang disebut tabla, dan instrumen string yang disebut gitar. Instrumen musik India antara lain :
  • Tabla adalah sepasang drum uang memimpin gitar dan tambura dalam musik klasik India. Pemain tabla memukul bagian tengah kulit pukul dengan jari sedangkan telapak tangan menekan bidang pukul untuk membuat variasi nada.


  • Sitar adalah gitar klasik India semacam kecapi yang memilikki tujuh senar utama yang terbentang melewati fret logam lengkung. Fret ini memungkinkan pemain untuk mengatur senar dan musik turunkan nada yang membuat bunyi senar meliuk-liuk.


  • Tambura seperti juga gitar, alat musi ini pengiring gitar dalam musik klasik India berujud kecapipanjang. Dibalik melodi gitar yang ramai tambura berfungsi sebagi pendengung yang mantap.


  • Sarangi adalah rebab India. Badannya yang berbentuk bongkahan ditegakkan dan dimainkan dengan penggesek. Senar harmoni terbentang diatas lubang dipapan bilah yang lebar.


Yang amat dominan pada musik Hindustan adalah negara India atau Pakistan. Musik Hindustan mudah dikenali dari ritme instrumen tabla yaitu kendang India berbentuk bejana (kendil), dimainkan dengan sentuhan jari dan telapak tangan.

Baca Juga : Fungsi Komposisi, Fungsi Invers dan Trigonometri | Matematika

Alat musik India yang lainya yaitu Vina, yaiut alat musik petik India. Alat itu mempunyai 7 dawai dengan jangkauan nada yang lebih luaus dari 2 oktaf. Alat ini adalah alat yang paling sempurna dan yang paling mengakar di hati masyarakat India dibandingkan dengan alat-alat yang lain. Musik/ lagu-lagu Hindustan popular karena sering digunakan sebagai ilustrasi musik (musik Score) dalam industri perfilman di Bollywood. Lagu-lagunya yang popular dan familiar adalah diantaranya lagu Kuch Kuch Hotahai.


Materi seni budaya lainya :
  1. Seni Rupa
  2. Pengertian Musik Hindustan
  3. Pengertian Musik Melayu
  4. Pengertian Musik Timur Tengah
  5. Pengertian Musik Oriental
  6. Macam dan Contoh Seni kriya


Sekian dan Terima Kasih. Semoga Bermanfaat

0 comments:

Post a Comment