loading...
loading...

Sunday, October 20, 2013

Musik Timur Tengah - Apresiasi Musik Asia | Seni Budaya

loading...
Beberapa hari yang lalu saya telah memposting Pengertian Musik Hindustan , dan pada kesempatan kali ini saya akan memposting tentang Musik Timur Tengah.



Musik Timur Tengah/ Padang Pasir yaitu jenis musik yang berkembang di kawasan Timur Tengah yaitu di Negara Arab dan sekitarnya, Kuwait, Mesir, Irak dll. Musik yang paling menonjol adalah Qasidah lagu bernafaskan islam yang alur nadanya / melodinya berakar / berorientasi pada lagu timur tengah) Syair lagu qasidah meceritakan keagungan Allah, kebesaran Rasulnya, ajakan untuk beramal dan berjihad di Jalan Allah serta anjuran untuk menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya.

Ciri musik Timur Tengah:
  • Alat musiknya menggunakan rebana dan gitar gambus
  • Iramanya dinamis
  • Syair lagunya sebagai pujian terhadap keagungan Allah, kebesaran Rasul, dan ajakan beramal serta berjihad di jalan Allah
  • Menggunakan tangga nada tradisional Timur Tengah dalam skala nada diatonic dan mikrotonik.
Ragam musik Timur tengah terbagi menjadi 3 macam yaitu : nyanyian religi, musik rakyat, dan nyanyian popular.

Baca juga : Presentasi Mengatasi Malas Dalam Diri Kita | Power Point

Nyanyian Religi
  1. Nyanyian nyanyian nya berisikan ayat suci Al-Qur’an
  2. Perhatian utama nya adalah teks lagu
  3. Pengiring yang biasa di gunakan adalah “rebana” dll
  4. Kasidah merupakan suatu bentuk puisiyang terkenal dalam kesastraan arab klasik
  5. Lagu-lagu kasidah rebana berdasarkan pada tangga nada tradisional timur tengah yang memilik skala diatonic dan juga mikrotonik seperti terdapa dalam alunan tangga nada al-bayat,al-rast,alsike,al-ajarn,al-rakriez,al-hijaz,dan al-saba
Musik Rakyat. Musik negara negara Jazirah Arab yang kaya dengan permainan drum, menunjukkan hubungan nya yang luas dengan pedagang dari Afrika.
Nyanyian Populer. Merupakan perpaduaan dari kedua ragam musik sebelumnya. Penyanyi berusaha mempertahankan tradisi, bahasa, dan gaya.

Instrumen Musik Timur Tengah :
  • Rebana. Rebana adalah alat musik yang berupa gendang satu sisi dengan badan tidak rendah sesuai dengan kemampuan genggaman tangan. Rebana merupakan alat musik tradisional yang berasal dari daerah timur tengah dan dipakai untuk acara kesenian. Alat musik semakin meluas perkembangannya hingga ke Indonesia. Pada musik gambus, kasidah dan hadroh adalah jenis kesenian yang sering menggunakan rebana. Di Desa Kaliwadas, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, ribuan rebana dihasilkan dan dijual ke pasar domestik dan internasional.

  • Gitar Gambus. Gitar gambus adalah kecapi Arab yang kepalanya berbentuk S,badanya lebih dalam dan lehernya lebih sempit. Gambus merupakan alat musik petik seperti mandolin yang berasal dari Timur Tengah. Paling sedikit gambus dipasangi 3 senar sampai paling banyak 12 senar. Gambus dimainkan sambil diiringi gendang. Sebuah orkes memakai alat musik utama berupa gambus dinamakan orkes gambus atau disebut gambus saja.
Contoh lagu Timur Tengah: Magadir, Ya Habibi, Salamualaika.

Keunikan Musik Timur Tengah adalah Musiknya bersifat Religius untuk kebesaran Tuhan serta berisi nasehat dalam ajaran Islam.

Baca Juga : Download Film Dilan 1991 Full Movie

Bila ada yang mau menambahkan, silahkan untuk menambahkan di komentar

Materi seni budaya lainya :
  1. Seni Rupa
  2. Pengertian Musik Hindustan
  3. Pengertian Musik Melayu
  4. Pengertian Musik Timur Tengah
  5. Pengertian Musik Oriental
  6. Macam dan Contoh Seni kriya


Sekian dan Terima Kasih. Semoga Bermanfaat

0 comments:

Post a Comment