loading...
loading...

Tuesday, March 10, 2020

Upaya Mengurangi Sampah Plastik Dengan 3R (Reduce,Reuse,Recycle) | Karya Ilmiah

loading...
Seperti yang kita ketahui pada zaman sekarang ini kehidupan manusia tidak dapat lepas dari penggunaan plastik. Plastik selalu diikutsertakan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya untuk tempat makanan, minuman, peralatan rumah tangga dan masih banyak lagi. Plastik sering digunakan karena bahannya bersifat ringan, tidak mudah pecah, murah dan sangat mudah didapatkan.Sampai sekarang masih banyak orang yang tidak menyadari bahaya yang akan ditimbulkan akibat penggunaan plastik bagi mereka sendiri dan terhadap lingkungan sekitar.



Secara umum, plastik tersusun dari polimer, yaitu semacam rantai panjang dan satuan-satuan yang lebih kecil yang disebut monomer. Polimer ini dapat masuk ke dalam tubuh manusia dan bersifat tidak larut, sehingga bila terjadi akumulasi dalam tubuh akan menyebabkan kanker. Selain itu, sampah plastik yang semakin menumpuk juga akan mengakibatkan pencemaran lingkungan dan menurunnya daya dukung lingkungan.

Baca Juga : Contoh Cerita Anekdot Lucu dari Berbagai Sumber

Berdasarkan hal di atas, kami akan mengulas mengenai “Upaya menanggulangi sampah plastik dengan 3R di SMA N 1 Rembang”

========================

Pengertian Sampah Plastik
Sampah plastik adalah jenis sampah anorganik yang tidak dapat diuraikan begitu saja. Butuh waktu bertahun-tahun untuk dapat diuraikan. Istilah plastik menurut pengertian kimia mencakup produk polimerisasi sintetik atau semisintetik. Molekul plastik terbentuk dari kondensasi organik atau penambahan polimer dan bisa juga terdiri dari zat lain untuk meningkatkan performa atau nilai ekonominya.

Cara Menanggulangi Sampah Plastik
3R hingga saat ini masih menjadi cara terbaik dalam menangani berbagai permasalahan pengelolaan sampah-sampah dilingkungan sekitar. Ketiganya saling berkaitan dan merupakan langkah awal untuk melakukan proses daur ulang sampah dari yang terbuang menjadi berguna bahkan bernilai atau menghasilkan uang kembali.
  1. Reduce (reduksi sampah) merupakan upaya untuk mengurangi timbunan sampah. Reduksi sampah ini bisa dilakukan sebelum sampah menjadi timbunan sampah. Dengan cara mengedukasi diri, keluarga, dan juga lingkup masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Dari dalam lingkup intern bisa dimulai dengan merubah pola hidup konsumtif. Hemat dalam berbelanja. Memilih produk dengan kemasan yang bisa didaur ulang, menghindari pemakaian atau pembelian produk yang menghasilkan sampah dalam jumlah besar. Memilih produk yang bisa diisi ulang dan mengurangi penggunaan bahan yang sekali pakai.
  2. Reuse adalah menggunakan kembali sampah atau bahan-bahan yang terbuang dan tidak terpakai agar tidak terjadi penumpukan sampah. Dalam praktek sehari-hari untuk barang yang layak pakai bisa diberikan kepada orang yang membutuhkan, menggunakan kembali sampah botol bekas, kaleng susu, dan sampah lainnya menjadi pot tanaman, tempat pensil, kerajinan tangan, atau sebagai tempat menyimpan minyak, gula dan sebagainya. Memilih wadah, kantong ataupun benda yang bisa digunakan berulang-ulang seperti menggunakan tas kain untuk belanja daripada tas plastik. Menggunakan sapu tangan daripada tisu, menggunakan kertas yang sisinya masih bisa dipakai. Menggunakan baterai yang bisa di cas daripada sekali pakai.
  3. Recycle adalah mendaur ulang sampah atau barang yang tidak berguna menjadi bahan lain, dengan cara melakukan proses pengolahan. Misalnya mengolah kain perca menjadi keset, selimut, lap dapur, tatakan piring, tas dan lainya. Atau bisa juga mengolah botol plastik sehingga bisa di cetak kembali menjadi barang fungsional lainya seperti ember, baskom plastik, gantungan baju, pot plastik dan lainya. Kertas bekas pun bisa diolah menjadi bubur kertas hingga menghasilkan kertas baru.
Baca Juga : MAKALAH MASALAH PENGANGGURAN | EKONOMI

Sistem 3R ini sangat dianjurkan untuk mulai digunakan di masyarakat. Siapapun, dimanapun, dan kapanpun bisa dilakukan. Solusi mudah simple tanpa biaya hanya butuh kemauan yang keras juga kepedulian. Langkah awalnya mari bergerak, pisahkan sampah sesuai jenisnya.

Alasan upaya mengurangi sampah plastik
  1. Hidup terasa lebih alami dan sehat.
  2. Lebih hemat.
  3. Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih.
  4. Menjadikan kita manusia yang kreatif.
  5. Untuk keberlanjutan masa depan.
Dampak polusi tanah yang disebabkan oleh sampah plastik jika dibiarkan terus menerus
Mengakibatkan pendangkalan sungai dan aliran sungai tersumbat yang menyebabkan banjir. Kantong plastik akan menggangu penyerapan air kedalam tanah.

Baca Juga : Contoh Teks Eksposisi | Pohon Seribu Manfaat

Berdasarkan pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa kondisi lingkungan di sekitar sekolah sudah tercemar oleh sampah plastik. Sampah plastik dapat mudah didapatkan dimana-mana dan berakibat buruk di masa yang akan, datang baik bagi lingkungan dan kesehatan. Pencemaran tanah merupakan salah satu akibat dari sampah plastik. Penanggulangan sampah plastik dapat dilakukan dengan 3R, yaitu reduce, recycle, dan reuse. 

Pemanfaatan sampah plastik perlu dilakukan agar lingkungan sekolah kita tidak tercemar, seperti mendaur ulang kembali sampah plastik yang dapat diolah menjadi berbagai kerajinan.

========================

berikut saya sudah membuatkan laporanya dalam bentuk microsoft word dengan judul 
"UPAYA MENGURANGI SAMPAH PLASTIK DENGAN 3R DI SMA NEGERI 1 REMBANG"

SCREENSHOOT




=========================


=========================




Bila bingung cara melewati Adfly, kalian bisa baca disini


Sekian dan Terima Kasih


0 comments:

Post a Comment