loading...
loading...

Monday, September 01, 2014

Contoh Teks Eksposisi | Pohon Seribu Manfaat

loading...


Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan contoh teks eksposisi. Apa itu teks eksposisi? Teks eksposisi adalah suatu karangan yang ditulis pengarang untuk memahami suatu bacaan, memberikan informasi, menjelaskan, mendidik, dan megevaluasi sebuah uraian dari bacaan tersebut. Dan berikut adalah contoh teks karangan eksposisi yang dibuat oleh kelompok saya di sekolah kemarin.

Pohon Seribu Manfaat

Pohon seribu manfaat adalah pohon kelapa, karena pohon kelapa mempunyai banyak manfaat mulai dari akar, batang, daun, bunga, dan buahnya. Mungkin karena pohon kelapa mempunyai banyak manfaat pohon kelapa dijadikan sebagai logo “PRAMUKA” di Indonesia. Dalam klasifikasi tumbuhan, pohon kelapa termasuk dalam genus Cocos dan Species Nucifera. Pohon kelapa dapat disebut juga pohon nyiur yang biasa tumbuh di daerah atau kawasan tepi pantai.

Bagian-bagian pohon kelapa yaitu buah kelapa yang terdiri dari kulit luar, sabut, tempurung, kulit daging (testa), daging buah, air kelapa, dan lembaga. Kulit luar merupakan lapisan tipis (0,14 mm) yang mempunyai permukaan licin dengan warna yang bervariasi dari hijau, kuning, sampai jingga tergantung pada kematangan buah. Jika tidak ada goresan dan robek kulit luar kedap air. Manfaat sabut kelapa untuk membuat sapu, tempurungnya untuk kayu bakar, dagingnya untuk dibuat makanan dan airnya dapat diminum.

Sabut kelapa merupakan bagian yang cukup besar dari buah kelapa yaitu 35% dari berat keseluruhan buah. Setiap butir kelapa mengandung serat 525 gram (75% dari sabut) dan gabus 175 gram (25% dari sabut). Tempurung merupakan lapisan keras yang terdiri dari lignin, selulosa, metoksil, dan berbagai mineral. Kandungan bahan-bahan tersebut beragam sesuai dengan jenis kelapanya. Struktur yang keras disebabkan oleh silikat yang cukup tinggi kadarnya pada tempurung. Air kelapa mengandung sedikit karbohidrat, protein, lemak, dan beberapa mineral. Air kelapa dapat digunakan sebagai media pertumbuhan mikroba misal Acetobacter Xylinum untuk produksi Nata de Coco.

Pohon kelapa banyak manfaatnya seperti batang kelapa tua dapat dijadikan bahan bangunan, mebel, jembatan darurat, kerangka perahu, dan kayu bakar. Batang yang benar-benar tua dan kering sangat tahan lama terhadap sengatan rayap. Kayu dari pohon kelapa yang dijadikan mebel dapat diserut sampai permukaanya licin dengan tekstur yang menarik. Daun kelapa sering digunakan hiasan, barang anyaman atau ketupat dan juga atap rumah. Tulang daun dijadikan sapu lidi dan tusuk daging (sate).

Nira adalah cairan yang diperoleh dari tumbuhan yang mengandung gula pada konsentrasi 7,5% sampai 20,0 %. Nira kelapa diperoleh dengan memotiong bunga betina yang belum matang, dari ujung bekas potongan akan menetes cairan nira yang mengandung gula. Nira dapat dipanaskan untuk menguapkan airnya sehingga sehingga konsentrasi gula meningkat dan menjadi kental. Bila di dingainkan, cairan ini akan mengeras hingga akan menjadi gula. Nira juga dapat dikemas sebagai minuman ringan buah.

Banyak dari bagian buah merupakan bahan yang bermanfaat, sabut kelapa yang telah dibuang gabusnya merupakan serat alami yang berharga mahal untuk pelapisan jok dan kursi, serta untuk pembuatan tali. Tempurung kelapa dapat dibakar langsung sebagai kayu bakar, atau diolah menjadi arang. Arang batok kelapa dapat diolah menjadi arang aktif yang diperlukan oleh berbagai industri pengolahan. Daging kelapa yang cukup tua dapat diolah menjadi kelapa parut, santan, dan minyak goreng. Sedangkan daging kelapa muda dapat dijadikan campuran minuman cocktail dan dijadikan selai. Air kelapa dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuat kecap dan sebagai media pada fermentasi nata de coco.

Akar kelapa dapat bermanfaat untuk kehidupan. Akar ini dapat dijadikan zat pewarna pada berabotan rumah tangga. Bisa juga dimanfaatkan untuk obat-obatan (dalam ukuran atau takaran tertentu). Pohon kelapa banyak ditemui dipesisir pantai yang berguna untuk pencegahan erosi dan menahan endapan lumpur yang dibawa oleh air sungai dari pegunungan juga akan mendapatkan hasil yang baik. Akar pohon kelapa juga dapat dijadikan kayu bakar.

Selain mempunyai banyak manfaat, ternyata pohon kelapa juga dapat meningkatkan perekonomian manusia. Pohon kelapa yang memiliki banyak manfaat untuk manusia, bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan ekonomi negara yaitu melalui budidaya pohon kelapa. Kita bisa membuat barabg-barang yang berkualitas dari bagian-bagian pohon kelapa, kemudian menjualnya ke luar Indonesia. Budidaya pohon kelapa cocok untuk negara kita yang memiliki iklim tropis. Iklim yang cocok untuk pertumbuhan pohon kelapa.

Pohon kelapa juga mempunyai menfaat bagi tubuh kita. Meningkatkan sistem Imun pada tubuh dengan mengkonsumsi buah kelapa akan berdampak besar dengan meningkatnya sistem imun atau kekebalan tubuh yang kita miliki. Sehingga tubuh tidak mudah terjangkit oleh berbagai jenis penyakit. Ini karena buah kelapa bersifat antivirus, anti bakteri, serta anti jamur. Tulang akan lebih kuat. Buah kelapa mengandung sumber kalsium dan magnesium untuk kesehatan tulang kita. Untuk mencegah pengeroposan tulang (osteoporosis) yang menyerang kalangan remaja dan dewasa. Jantung yang lebih sehat, kandungan lemak jenuh dalam minyak kelapa dapat mengurangi potensi penumpukan lemak dibagian arteri pada organ jantung kita.


0 comments:

Post a Comment