loading...
loading...

Thursday, March 19, 2020

Presentasi Mengatasi Malas Dalam Diri Kita | Power Point

loading...

Malas adalah kondisi diri yang tidak bergairah dalam menjalankan sesuatu.
Rasa malas adalah penyakit yang paling mengerikan yang dapat menghambat kesuksesan seseorang
Banyak orang tidak berhasil akibat dirinya tidak mampu menolak rasa malas tersebut , selain menghambat kesuksesan malas juga bisa membawa dampak negative terhadap karir, pendidikan, bahkan kesehatan.
Bagaimana cara mengatasi malas itu?

Tanamkan Niat
Karna segala sesuatu dapat terjai karena didasari dengan niat. Baik itu perbuatan yang bersifat positif maupun yang bersifat negatif.

Cuci Muka Jika Mengantuk
Jika dalam belajar kita mulai merasa mengantuk dapatdiatasi dengan cara membasuh muka dengan air dingin atau jika perlu mandi agar badan lebih fresh . Setelah itu kita bisa melanjutkan kembali proses belajar kita.

Ganti Posisi Duduk
Jika saat belajar mulai tidak nyaman dengan posisi duduk kita, kita bisa berdiri selama beberapa detik kemudian duduk kembali, jika perlu kita bisa mengganti tempat duduk yang lebih nyaman.

Ganti Posisi Belajar
Ruangan yang digunakan untuk belajar selama berjam-jam akan memicu rasa bosan dan malas, hal ini dapat disiasati dengan berpindah lokasi belajar. Misalnya beralih dari kamar tidur ke ruang tamu.

Relaksasi
Otak yang dipaksa untuk bekerja selama terus menerus dapat terbebani dan lama –kelamaan dapat membuyarkan konsentrasi. Untuk menghilangkan rasa penat kita dapat melakuakan penyegaran seperti: mendengarkan music , jalan-jalan , dll.

Makan Cemilan
Agar suasana belajar menjadi lebih menyenangkan, kita bisa selingi dengan aktivitas lain seperti makan camilan sehat berupa buah-buahan ketika sedang membaca buku atau memahami materi aktivitas tersebut dapat menghilangkan rasa penat dalam belajar .

Rubah Pola Belajar.
Jika kita terbiasa belajar dengan cara menghafal isi buku bukan memahaminya ,maka gantilah pola belajar yang seperti itu. Atau kita juga bisa melakukan cara lain yang lebih menyenangkan, misalnya mencari alternative lain dalam belajar seperti mendengarkan materi pelajaran melalui audio visual (DVD, atau laptop).

Tengok Teman yang Mendapat Nilai Bagus
Dengan mengamati teman yang lebih pintar karena dirinya rajin belajar, akan momotivasi kita dan membuat kita ikut rajin dan giat dalam belajar serta jangan ragu untuk menanyakan materi yang belum di mengerti kepada bapak/ibu guru atau menanyakannya kepada teman yang dianggap bisa.

Jika anda kurang paham anda bisa melihat video di bawah ini :



Sekian dan Terima Kasih

0 comments:

Post a Comment