loading...
loading...

Thursday, April 02, 2020

Makalah Kebugaran Jasmani | Penjasorkes

loading...

Apakah itu kebugaran jasmani? Secara umum, kebugaran jasmani memiliki istilah physical fitness. Istilah tersebut memiliki arti sebagai suatu kemampuan fisik dari seseorang untuk melakukan kegiatan tanpa harus merasakan kecapekan dan kelelahan.

Kebugaran jasmani ini merupakan suatu kondisi di mana tubuh manusia mampu untuk melakukan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari secara efektif. Jasmani seseorang yang bugar, maka itu artinya manusia tersebut memiliki energi yang sangat cukup untuk melakukan kegiatan inti dan tambahan di kehidupan sehari-hari.

Jadi dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa kebugaran jasmani merupakan suatu kondisi tubuh yang mana sangat mempengaruhi kemampuan seseorang dalam menyelesaikan kegiatan sehari-harinya dengan baik dan efektif.

Komponen Kebugaran Jasmani
Ada 10 komponen dalam sebuah kebugaran jasmani yang perlu dipahami, sebagai berikut:
  1. Kekuatan (Strength). Kekuatan dapat diartikan sebagai suatu kemampuan fisik dari seseorang dalam penggunaan otot saat melakukan berbagai macam aktivitas yang membawa suatu beban. Contoh olahraga yang bisa Anda lakukan ialah melakukan olahraga angkat beban berat, antara lain : Sit-up, Push up, Squat-jump.
  2. Daya Otot (Muscular Power). Daya otot dalam kebugaran jasmani dapat di artikan sebagai kemampuan daya otot manusia dalam memanfaatkan tenaga yang ia miliki dalam waktu yang sangat singkat. Beberapa latihan untuk melatih kekuatan dari daya otot manusia yang sangat mudah dilakukan antara lain: Side-jump, Vertical-jump, Front-jump.
  3. Daya Tahan. Daya tahan seseorang dapat diartikan sebagai kemampuan dalam melakukan suatu kegiatan yang berpengaruh pada organ-organ tubuh inti. Kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dalam kehidupan sehari-hari sangat membutuhkan peran dari paru-paru, jantung, dan masih banyak lainnya. Contoh olahraga yang bisa Anda pilih ialah lari kecil, lari sedang, dan jogging yang dilakukan 30 menit dalam seharinya.
  4. Kecepatan (Speed). Kecepatan ini sering diartikan sebagai suatu kemampuan seseorang dalam melakukan tugasnya dengan benar dan baik. Dengan melatih kecepatan lari Anda, maka Anda bisa melakukan kegiatan dengan cepat dan efisien.
  5. Kelincahan (Agility). Kelincahan merupakan salah satu komponen penting yang harus ada di sebuah kebugaran jasmani. Komponen inilah yang menjadi suatu kemampuan bagi manusia dalam penyesuaian diri. Ada beberapa contoh dari olahraga berbentuk latihan yang dapat membantu kelincahan dari seseorang. Olahraga yang dikehendaki antara lain: naik turun anak tangga dan zig-zag.
  6. Kelenturan (Flexibility). Kelenturan tubuh dari seseorang sangat dibutuhkan karena dengan komponen ini Anda padat beradaptasi dengan lingkungan secara baik. Anda beberapa kegiatan untuk melenturkan tubuh manusia, antara lain renang, senam, dan yoga.
  7. Keseimbangan (Balance). Keseimbangan merupakan satu-satunya komponen yang berfungsi sebagai kemampuan yang digunakan untuk mengatur organ dan saraf otot manusia. Dengan keseimbangan ini, manusia akan dengan mudah mengontrol tubuh mereka dengan baik.
  8. Jenis olahraga yang bisa digunakan untuk menjaga keseimbangan ini ialah loncat indah dan senam. Adapun latihan lain seperti melakukan sikap lilin dan berjalan di atas balok.
  9. Koordinasi (Coordination). Koordinasi merupakan suatu kemampuan tubuh manusia dalam melakukan berbagai macam gerakan dalam suatu kegiatan sesuai kebutuhan. Komponen yang satu ini sangat memerlukan adanya suatu kemampuan gerak insting yang kuat dan fokus tinggi.
  10. Keakuratan (Accuracy). Keakuratan merupakan suatu kemampuan tubuh manusia dalam mengatur suatu kegiatan sesuai dengan kebutuhan. Keakuratan ini dilakukan untuk melatih kecermatan dan ketepatan dalam melakukan suatu aktivitas.
  11. Contohnya saat melakukan olahraga bowling, yang mana latihan ini mengharuskan Anda untuk fokus dan mencari titik ketepatan bagus.
  12. Reaksi (Reaction). Komponen reaksi merupakan suatu kemampuan tubuh manusia dalam memberikan reaksi terhadap diri sendiri dan orang lain. Reaksi ini berasal dari sebuah rangsangan dari diri sendiri ataupun dari orang lain. Contohnya ialah dalam reaksi melakukan lemparan dan tangkapan bola.
Jadi itu beberapa komponen penting dari kebugaran jasmani yang perlu Anda ketahui. Ada 10 komponen penting di atas yang saling bersangkutan dan mendukung satu sama lain. Dengan adanya komponen-komponen di atas, maka seseorang dapat melakukan sebuah latihan kebugaran jasmani melalui berbagai jenis olahraga.

Manfaat Kebugaran Jasmani
Selain komponennya, kami pun punya info menarik tentang manfaat dari kebugaran jasmani yang masih sangat jarang diketahui oleh banyak orang. Mungkin Anda pun sering bertanya-tanya, apa sebenarnya manfaat dari sebuah latihan kebugaran jasmani? Berikut ialah manfaat-manfaat yang bisa Anda dapat dari kebugaran jasmani!
  1. Terhindar dari penyakit jantung. Resiko penyakit jantung dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Dari muda hingga tua, semuanya dapat berpotensi terkena resiko penyakit jantung akibat keadaan fisik yang tidak stabil. Dengan latihan kebugaran jasmani secara rutin, maka dijamin Anda pasti terhindar dari sebuah penyakit jantung. Manfaat utama dari kebugaran jasmani ini sendiri ialah membantu melancarkan peredaran darah dari jantung ke seluruh tubuh. Dengan melakukan kegiatan kebugaran jasmani, otot-otot yang ada pada tubuh manusia akan berkontraksi dengan cepat. Kondisi inilah yang akan melatih kinerja otot jantung yang lebih baik lagi. Janganlah menunggu hingga terkena penyakit, baru mulai untuk berlatih! Mulailah kegiatan kebugaran jasmani sejak dini agar terhindar dari penyakit jantung.
  2. Terhindar dari penyakit hipertensi. Hipertensi merupakan suatu penyakit di mana seseorang memiliki tekanan darah yang sangat tinggi. Penyakit ini merupakan salah satu penyebab terbesar dari terjadinya suatu penyakit mengerikan “stroke”. Jadi, usahakan untuk melakukan kegiatan kebugaran jasmani untuk dapat terhindar dari hipertensi atau tekanan darah tinggi.
  3. Menurunkan lemak jahat (kolesterol jahat). Konsumsi makanan yang berminyak membuat seseorang memiliki banyak kandungan lemak jenuh di dalam tubuhnya. Hal ini dapat menyebabkan Anda akan terkena penyakit kelebihan kolesterol. Jika hal ini dapat terjadi terus menerus, Anda bisa mengalami kelumpuhan. Lakukanlah kebugaran jasmani seperti lari pagi atau jogging. Hal ini dilakukan agar lemak jahat yang ada pada tubuh Anda akan berkurang.
  4. Terhindar dari resiko kanker. Kanker merupakan salah satu penyakit mengerikan penyebab kematian terbesar di beberapa negara. Untuk dapat terhindar dari penyakit ini, maka lakukanlah kebugaran jasmani sebagai langkah yang jitu. Setiap manusia memiliki potensi dapat terkena kanker. Untuk saat ini 30% manusia berpotensi dapat terkena kanker mengerikan seperti kanker paru-paru, kanker payudara, kanker serviks, dan kanker tulang belakang.
  5. Meningkatkan mood. Mood yang baik bisa Anda dapatkan dengan kegiatan kebugaran jasmani ringan. Dengan mood yang baik, maka berbagai macam kegiatan dalam sehari-hari dapat Anda selesaikan.
  6. Meningkatkan daya energi. Untuk meningkatkan daya otot dan daya energi, setiap orang dapat melakukannya dengan cara olahraga kebugaran jasmani. Untuk mendapatkan nutrisi dan pasokan oksigen, maka latihan kebugaran jasmani ini memang haruslah dilakukan secara rutin. Hal ini karena, jika tubuh manusia memiliki lebih banyak energi, maka ia pun akan lebih semangat dan kuat dalam melakukan kegiatan sehari-hari.
  7. Meningkatkan gairah seksual. Latihan dalam kebugaran jasmani ini sangat bermanfaat dan memberikan efek bagus bagi tubuh manusia. Dengan kondisi fisik yang prima dan bugar setelah latihan, akan meningkatkan gairah seksual pada diri seseorang. Jadi fisik sehat sangat menentukan tingkat gairah seksual seseorang.
  8. Terhindar dari penyakit kerapuhan tulang (osteoporosis). Penyakit tulang keropos, sekarang ini dapat terjadi pada siapa saja. Untuk menghindarinya, Anda harus sudah mulai melakukan latihan kebugaran jasmani agar tulang Anda tetap sehat dan kuat.
Itulah beberapa manfaat dari latihan kebugaran jasmani bagi tubuh manusia. Banyak sekali efek positif yang bisa Anda dapatkan dengan melakukan latihan tersebut. Baiklah, berikutnya kami akan membagi info unik tentang contoh tes kebugaran jasmani.

Konsep Kebugaran Jasmani
Dengan jasmani yang bugar, hidup menjadi semangat danmenyenangkan. Kebugaran jasmani tidak hanya menggambarkankesehatan, tetapilebih merupakan cara mengukur individu melakukan kegiatannya sehari-hari.Ada 3 hal penting dalam kebugaran jasmani, yaitu :
  1. Fisik,berkenaan dengan otot,tulang,dan bagian lemak.
  2. Fungsi Organ,berkenaan dengan efisiensi sistem jantung,pembuluh darah, dan pernapasan (paru - paru).
  3. Respon Otot,berkenaan dengan kelenturan,kekuatan,kecapatan,dan kelemahan.
Berdasarkan konsep kebugaran jasmani tersebut,maka kebugaran jasmani yang dibutuhkan untuk setiap orang sangat berbeda,tergantung dari sifat tantanganfisik yang dihadapinya. Contohnya,seorang kuli yang setiap hari bekerja memanggul barang-barang berat,maka ia harus memiliki kekuatan otot,anaerobic power,daya tahan,dan sebagainya yang lebih baik daripada seorang pekerja kantor. Pekerja kantor tidak banyak menguras tenaga,ia hanya membutuhkan buku-buku dari meja ke rak buku atau menekan tombol keyboard computer.

Dengan demikian tingkat kebugaran jasmani yang merekan miliki dan mereka butuhkan sangat berbeda. Kerja fisik ataupun latihan dalam jangka pendek misalnya kurang dari 5 menit,belum mutlak memerlukan pembakaran dengan terus berlangsung melalui pembakaran dengan oksigen.

Dengan demikian, jantung, peredaran darah, dan paru-paru (alatpernapasan) harus giat bekerja untuk menyalurkan oksigen ke bagian-bagian tubuh yang aktif bekerja. Jadi,gerak kerja ataupun latihan yang cukup lama sebenarnya mendorong kerja jantung,peredaran darah,dan paru-paru sehingga dapat menghasilkan perubahan ke arah yang lebih baik dari keadaan daya tahan tubuh,terutama jantung. Adapun perubahan-perubahan tersebut dinamakan “efek latihan”.

Contoh Tes Kebugaran Jasmani
Tahukah Anda bahwa ada 5 contoh latihan kebugaran jasmani yang perlu diketahui. Berikut beberapa cara latihan tersebut.
  1. Tes Sit-Up, tes ini dilakukan untuk mengetes daya tahan tubuh dan daya tahan ototnya. Tes yang ini hampir dapat dilakukan oleh beberapa orang. Latihan yang sederhana tersebut menjadikan tubuh Anda menjadi sehat dan bugar kembali.
  2. Tes Push-Up, tes ini sengaja dilakukan untuk mengetes kekuatan dan daya tahan dari otot bahu dan lengan.
  3. Tes Lari Bolak Balik, tes ini berfungsi untuk mengukur kelincahan dari diri Anda, saat melakukan latihan kebugaran jasmani.
  4. Tes Lompat Jauh Tampa Awalan, Latihan kebugaran lompat jauh dapat dilakukan sebagai alat pengukur untuk daya tahan ledak atau sering disebut dengan istilah (explosive power).
  5. Tes Lari Jarak Jauh, latihan kebugaran ini dilakukan untuk mengetes daya tahan dari paru-paru dan jantung manusia. Latihan ini dapat dilakukan dengan berlari kurang lebih sejauh 1 km.
Demikianlah beberapa contoh latihan utama dalam suatu kebugaran jasmani. Setelah Anda mengetahui manfaatnya, maka kini berikutnya mari kita bahasa tentang bentuk latihan kebugaran jasmani.

========================

berikut saya sudah membuatkan laporanya dalam bentuk microsoft word dengan judul 
" KEBUGARAN JASMANI"


SCREENSHOOT





=========================

DOWNLOAD




=========================


Bila bingung cara melewati Adfly, kalian bisa baca disini


Sekian dan Terima Kasih

0 comments:

Post a Comment